Lirik.Netral Sorry.Kita Tak Sejalan
Soal akselerasi, motor 4-tak adopsi teknologi 2-tak
Soal akselerasi, motor 4-tak adopsi teknologi 2-tak
Teknologi pendongkrak performa mesin menjadi ciri khas motor bermesin 2-tak. Yamaha menerapkan YEIS (Yamaha Energy Induction System) pada tipe RX, Kawasaki menjagokan KIS (Kawasaki Integrated System) pada varian Ninja, sedangkan Honda dengan RC-Valve. Tujuannya adalah menciptakan akselerasi motor lebih dahsyat dengan perhitungan efisiensi bahan bakar.
Keiritan bahan bakar karena mendayagunakan muntahan bahan bakar yang seharusnya terbuang, Yamaha memanfaatkan saluran intake karburator menuju reed valve. Saat terjadi langkah hisap, piston menjalar dari turun dari TMA (titik mati atas) menuju TMB (titik mati bawah). Bahan bakar akan menjalar ke ruang bakar melalui lubang in-transfer, yang tentunya didahului terbukanya valve.
Saat piston naik dari TMB menuju TMA, campuran udara dan bensin sebagian besar ditekan naik dan diledakkan percikan api busi. Sebagian lagi mendorong valve melalui lubang out-transfer dan menutup intake. Pada RPM tinggi, langkah piston berjalan cepat. Cepatnya buka-tutup valve, membuat sebagian bensin keluar menuju selang intake.
Dengan YEIS, campuran kabut udara dengan bahan bakar disalurkan ke tabung plastik. Tabung ini biasanya di antara tangki dan backbone. Selang buangan tetap ada, tapi berubah fungsi menjadi selang menuju tabung YEIS. Saat terjadi langkah isap kedua, campuran bahan bakar di tabung YEIS akan terisap kembali ke ruang bakar.
Tentunya, masuk bersamaan dengan kabut campuran bahan bakar dan udara yang baru dari karburator. Otomatis, volume suplai kabut bensin ke ruang bakar lebih baik dan cepat. Hasilnya, ledakan di ruang bakar lebih dahsyat. Akibatnya power akselerasi lebih baik. Selain itu, terjadi efisiensi bahan bakar tanpa ada bensin terbuang sia-sia.
Serupa tapi tak sama, R&D Kawasaki melengkapi varian sportnya dengan teknologi bernama KIS alias Kawasaki Integrated System. Proses kerja KIS mirip YEIS. Bedanya, tabung bukan dibuat melalui selang intake (Flens). Lubang out-transfer dalam blok mesin dibuat bercabang, sehingga udara yang bercampur bahan bakar dapat langsung tersimpan di tabung KIS.
Tabung ini diletakkan di depan blok mesin bagian atas. Salurannya menyatu dengan lubang transfer. Saat terjadi langkah isap, isi tabung KIS tersedot ke ruang bakar bersamaan masuknya kabut baru dari karburator.
Teknologi canggih ini juga dibuat Honda pada varian sport NSR. Pada blok mesin dibuat dua lubang transfer tambahan dilengkapi katup. Dua katup ini membuka pada rpm tinggi (kisaran 5.000 - 7.000 rpm) yang menyalurkan tambahan pasokan bahan bakar ke ruang bakar.
Katup diperintahkan membuka oleh rangkaian elektronik di dalam CDI. Caranya memperhitungkan kecepatan letupan sinyal pengapian yang dikirim pulser ke CDI. Saat mencapai putaran tinggi, biasanya dimulai 5.000 rpm, chip mulai membaca. Kemudian memerintahkan rangkaian elektronik membuka dua lubang transfer tambahan.
Rupanya, sistem ini tidak hanya milik motor 2-tak saja, akan tetapi sudah diaplikasi pada motor 4-tak. Bahkan, part yang sudah banyak di jual pasaran ini sudah dites pada Yamaha Scorpiooleh salah satu tabloid melalui dyno test. Peranti ini juga dapat diaplikasi pada Yamaha Byson, Honda Tiger Revo, Mega Pro dan Supra X 125.
Percik Firman: Pengampunan Tak TerbatasKamis, 12 Agustus 2021Bacaan Injil: Mat 18:21-19:1
Saudari/a ku ytk.,Merenungkan bacaan Injil hari ini, saya teringat akan sharing salah seorang umat. Beliau memberi kesaksian untuk mengampuni suaminya. Mereka dulu menikah di Gereja katolik dengan dispensasi beda agama. Dalam perjalanan waktu, mereka dianugerahi anak. Sang suami selingkuh dan menikah lagi. Padahal biaya kuliah suami sampai S3 dibiayai dengan gaji isterinya.
“Tak terbayangkan pengorbanan saya sebagai istri yang dibalas pengkhianatan yang begitu keji dari suami. Ia minta cerai di pengadilan”, tutur ibu itu pada saya.
“Sampai suatu hari saya hanya bisa berpasrah, benar-benar pasrah sambil berdoa Rosario dan 77x Bapa kami. Pengalaman iman yang sungguh luar biasa itu terjadi. Saat saya sedang berdoa 77x Bapa kami, pada butir antara 20-30, tiba-tiba datanglah Yesus dalam posisi tangan seperti tangan seorang ibu yang ingin merengkuh atau mengajak anaknya untuk datang”.
Lalu saya tanya kepada ibu itu, “Apakah ibu sudah mengampuni suami yang sudah selingkuh dan nikah lagi itu?” Ia menjawab, “Saya sudah mengampuni, Rama. Saya sudah tidak sakit hati”. Ibu itu hebat. Dia menghayati sabda Tuhan Yesus hari ini.
Bacaan Injil hari ini mengungkapkan tentang ajakan Yesus untuk mengampuni orang yang bersalah dan yang sudah menyakiti. Mengampuni tidak hanya sampai tujuh kali, tetapi mengampuni sampai 70×7 kali. Artinya, pengampunan tak terbatas. Siapa yang mengampuni dosanya juga diampuni Tuhan.
Dikhianati itu memang menyakitkan. Mengampuni orang yang sudah menyakiti hati itu tidak mudah. Apalagi orang yang dicintai itu selingkuh. Sakitnya tuhhh di sini. Butuh proses dan waktu untuk berekonsiliasi dan berdamai.
Paus Fransiskus mengungkapkan, “Tidak ada pernikahan atau keluarga yang sehat tanpa olah pengampunan. Pengampunan adalah penting untuk kesehatan emosional kita dan kelangsungan hidup spiritual. Tanpa pengampunan keluarga menjadi sebuah teater konflik dan benteng keluhan.”
Lebih lanjut diungkapkan, “Tanpa pengampunan keluarga menjadi sakit. Mempertahankan luka hati adalah tindakan merusak diri sendiri. Itulah sebabnya keluarga harus menjadi tempat kehidupan dan bukan tempat kematian. Pengampunan membawa sukacita…Pengampunan membawa penyembuhan”.
Pertanyaan refleksinya, bagaimana perasaanmu saat disakiti dan dikhianati? Sudahkah Anda menghayati sabda Yesus untuk mengampuni dengan tak terbatas? Berkah Dalem dan Salam Teplok dari MeSRA (Mertoyudan Spiritual Rest Area). # Y. Gunawan, Pr
Offenbar hast du diese Funktion zu schnell genutzt. Du wurdest vorübergehend von der Nutzung dieser Funktion blockiert.
Wenn dies deiner Meinung nach nicht gegen unsere Gemeinschaftsstandards verstößt,
TRIBUNLOMBOK.COM - Chord gitar lagu Sorry yang dipopulerkan oleh Netral, dengan lirik reff: kita tak sejalan, sepertinya kita tak sepaham.
Chord Kunci Gitar dan Lirik Lagu Sorry - Netral.
Bm F# G# E F#Bm F# G# E F#sekarang cinta bukanlah sahabat bagikuBm F# G# E F#sekarang kita berdua telah jadi musuhBm F# G# E F#kata sayang sepertinya juga telah hilangBm F# G# E F#mereka pergi angkat kaki jauh dari siniBm F# G# E F# 2x* Reff
Bm F# G# Sorry... kita tak sejalan Esepertinya kita tak sepahamBm F# Bm sorry... sorryBm F# G# E F#sekarang aku berkawan dengan kesepianBm F# G# E F# sekarang kita berdua sependeritaanBm F# G# E F# belajar mengenal cinta arti kata sayangBm F# G# E F# smoga esok lebih baik dari hari iniBm F# G# E F# 2x* Reff
Bm F# G# Sorry... kita tak sejalan Esepertinya kita tak sepahamBm F# Bm sorry... sorryBm F# G# Sorry... kita tak sejalan Esepertinya kita tak sepahamBm F# Bm sorry... sorryG# Bb-Bm E F# 4xBm F# G3 E 2x* Reff
Bm F# G# Sorry... kita tak sejalan Esepertinya kita tak sepahamBm F# Bm sorry... sorryBm F# G# Sorry... kita tak sejalan Esepertinya kita tak sepahamBm F# Bm sorry... sorryBm F# G# E F#Bm F# G# E F#sorry... sorry... sorryBm F# G# E F#sorry...Bm F# G# E F#sorry... sorry... sorry
Baca juga: Chord Gitar Lagu Cinta Gila - Netral: Cinta Memang Gila Tak Kenal Permisi
Baca juga: Chord Gitar Lagu Utuh - Tangga: Ku Akui Sesungguhnya Aku Berpura-pura
“Semua nilai dalam sila-sila Pancasila itu sejalan dengan ajaran semua agama,” kata Menteri Agama RI Jenderal (Purn) Fachrul Razi saat memberikan ceramah kepada peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 61, Senin 18 Mei 2020. Pada kesempatan tersebut Fachrul mengangkat topik “Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Beragama”.
Topik tersebut diangkat dengan tujuan untuk menyampaikan pentingnya menerjemahkan nilai-nilai Pancasila dalam konteks kehidupan keagamaan. Fachrul menyampaikan bahwa Pancasila mempersatukan berbagai keragaman yang Indonesia miliki, baik dari segi agama, budaya, bahasa, suku, etnis, dan keragaman lainnya. Akan tetapi, Fachrul juga mengakui bahwa dalam perjalanan Bangsa Indonesia, masih ada pihak-pihak yang masih berusaha membenturkan nilai-nilai Pancasila dengan nilai-nilai agama. Ada sebagian pihak yang menyebutkan bahwa tidak ada hukum yang lebih tinggi selain hukum Tuhan. “Padahal, Pancasila itu sendiri dirumuskan oleh para pendiri bangsa yang termasuk di dalamnya ahli agama,” tutur Fachrul.
Indonesia sebagai negara Pancasila juga memfasilitasi dan mengakomodasi penyelenggaraan aktivitas keagamaan setiap warga negara, serta pada saat yang sama tetap menjamin kebebasan setiap warga negaranya untuk menjalankan keyakinan serta kepercayaannya masing-masing, tanpa ditentukan oleh Negara. Maka, Pancasila sama sekali tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama mana pun.
“Keragaman dalam hal agama merupakan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia,” ujar Fachrul. Menurut Fachrul, saat ini konflik yang berbasis isu keagamaan masih sesekali terjadi diakibatkan menajamnya perbedaan penafsiran, hingga konflik yang diakibatkan oleh adanya sikap intoleransi, ekstremisme, radikalisme, hingga terorisme.
Oleh karena itu, perlu ada upaya terus menerus untuk menjelaskan dan memberikan pengertian bahwa nilai-nilai Pancasila sama sekali tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama mana pun. Bahkan Pancasila dapat dianggap sebagai jalan tengah yang mampu mengakomodasi nilai-nilai agama untuk diterjemahkan dalam konteks bernegara dan dapat dikatakan bahwa pengaruh agama sangat kuat mewarnai rumusan berbagai isi perundang-undangan, peraturan, serta regulasi-regulasi turunannya di Indonesia.
Pancasila sebagai sebuah ideologi negara telah teruji karena lahir dari kesepakatan bersama antarkelompok yang beragam. Lahirnya Pancasila tidak hanya melibatkan tokoh dari kalangan satu agama saja, melainkan juga tokoh-tokoh agama lain dan kelompok nasionalis. “Namun, dalam implementasinya, nilai-nilai Pancasila masih perlu diterjemahkan secara lebih konkret agar betul-betul dirasakan manfaatnya oleh seluruh umat beragama,” kata Fachrul.
Kemudian Fachrul menyampaikan bahwa sebagai upaya mensinergikan nilai-nilai Pancasila dengan ajaran agama, Kementerian Agama (Kemenag) RI telah merumuskan sebuah gagasan yang disebut sebagai Moderasi Beragama. Melalui Moderasi Beragama, Kemenag mendorong pertumbuhan cara pandang, sikap, dan perilaku beragama yang moderat, tidak ekstrem atau berlebihan, karena agama apapun memang melarang setiap umatnya untuk berlebih-lebihan. Kemenag sudah merumuskan sejumlah indikator keberhasilan Moderasi Beragama, yang salah satunya adalah adanya wawasan kebangsaan yang kuat pada umat beragama. “Komitmen kebangsaan umat beragama penting sebagai benteng dari dalam untuk menghalau merebaknya ideologi yang berlawanan dengan Pancasila,” ujar Fachrul.
Offenbar hast du diese Funktion zu schnell genutzt. Du wurdest vorübergehend von der Nutzung dieser Funktion blockiert.
Wenn dies deiner Meinung nach nicht gegen unsere Gemeinschaftsstandards verstößt,
Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, angkat bicara soal adanya perbedaan bahasa antara dirinya dan para penggawa Skuad Garuda. Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengaku, selama ini, tak pernah ada masalah dengan perbedaan bahasa itu.
"Masalah seperti itu tidak ada sama sekali. Tidak perlu dikhawatirkan," kata Shin Tae-yong, melalui penerjemahnya, dalam wawancara di kanal youtube Liputan 6.
"Semua pemain sama, pasti ada lambang garuda di dada para pemain, apalagi baru Warga Negara Indonesia. Kami pun sama, sebagai pelatih-pelatih dari Korea Selatan, tapi datang ke Indonesia untuk mengembangkan sepak bola Indonesia. Jadi, selalu bekerja keras. Untuk pemain pun, tidak ada ketidaknyamanan juga. Pelatih pun sama," sambungnya.
Menurut Shin Tae-yong, melalui penerjemahnya, hal ini justru kerap dilontarkan oleh media. Hal inilah yang akhirnya menjadi permasalahan.
"Kadang dari media, mungkin bisa dibilang adu domba. Mungkin itu yang tidak baik untuk perkembangan sepak bola Indonesia," tutur Shin Tae-yong.
Sebelumnya, pengamat sekaligus komentator sepak bola, Ronny Pangemanan, melontarkan saran agar Shin Tae-yong belajar berbahasa Indonesia. Hal ini agar instruksi-instruksinya bisa dipahami para penggawa Skuad Garuda dengan lebih baik.
Saran serupa sebelumnya juga diungkapkan pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana. Ia menilai bahwa situasi di tim, yang berkomunikasi dengan banyak bahasa, tidak bagus.
"Di Timnas Indonesia, mereka berbicara bahasa Korea, Belanda, Inggris, dan Indonesia, which is not good," tukas Justin, di kanal youtube Justinus Lhaksana, beberapa waktu lalu.
Simak artikel selengkapnya di bawah ini.